Jumat, 29 Juli 2022

KEGIATAN LITERASI BUDAYA

KEGIATAN LITERASI BUDAYA
DI SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR
TANGGAL 28 JULI 2022


Salah satu kegiatan pembinaan karakter di SMPN 1 Labuhan Badas yang bertujuan membentuk Pelajar Pancasila adalah melaksanakan Kegiatan Literasi Budaya. Kegiatan ini adalah usaha untuk meningkatkan kreatifitas siswa-siswi dalam berkesenian dan berbudaya sehingga mengenal dan mengetahui budaya daerah Sumbawa sebagai salah satu Budaya Asli Indonesia. Pada kesempatan pagi ini, berkenan hadir langsung, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd, Bapak/Ibu Guru, Guru Pembina Kesenian, Pegawai TU dan seluruh siswa dan siswi.




Jenis kegiatan dalam Literasi Budaya kali ini adalah menampilkan kreatifitas kesenian Tradisional Sumbawa, yaitu Sakeco dan Beserunai. Sakeco merupakan kesenian adat tradisional Sumbawa yang dimainkan oleh dua tiga orang dengan menggunakan alat musik Rebana Ode(kecil), dengan syair-syair Lawas Samawa berisikan pesan-pesan moral tentang nasehat, pendidikan, agama, pembangunan dan masalah muda mudi.




Beserunai merupakan permainan alat musik tradisional Sumbawa yang hanya bisa dimainkan oleh orang dengan keahlian khusus terutama dalam mengatur pernafasan dalam membunyikan alat alat musik Serunai. Alat musik sesrunai memiliki beberapa nada atau mempunyai tujuh nada seperti C,G,A, B, E,F, D. dan Sumber suaranya datang dari hasil tiupan dari Lida Serunai ( Anak Serunai).
Fungsi bagian Alat Musik Serunai antara lain:
1. Sarumung kecil berfungsi sebagai tempat penampung nafas yang terbuat dari daun Lontar.
2. Sarumung Besar, untuk mengatur nada dalam suara setiap memainkan jari-jari.
3. Anak Serunai, berfungsi sebagai sumber suara.
4. Batang Serunai memiliki 6 lubang Atas, 1 Lubang Bawah sebagai pengatur nada saat memainkannya.

Dengan adanya kegiatan Literasi Budaya ini, kita berharap siswa dan siswi SMPN 1 Labuhan Badas semakin mencintai dan berbangga memiliki budaya tradisional yang harus dilestarikan, sebagai salah satu kekayaan budaya Nusantara.














 
Free counters!