Kamis, 19 April 2018

GALERI PRAKARYA

GALERI PRAKARYA

KERAJINAN KOTAK TISU DARI PELEPAH BATANG PISANG


Beberapa semester yang lalu pelajaran Prakarya sudah mulai dilaksanakan di SMPN 1 Labuhan Badas, karena merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013. Sehingga berikut ini dapat kami sajikan beberapa contoh hasil karya siswa-siswi, Kerajinan Kotak Tisu dari karton/kardus dan pelepah batang pisang. Walaupun sederhana tetapi cukup unik, karena berhasil menonjolkan kekhasan gurat pelepah batang pisang.


KOTAK TISU 1 

Berbahan dasar utama pelepah batang pisang yang telah dipersiapkan sedemikian rupa, dengan cara dikeringkan dijemur dan disetrika, kemudian finishing menggunakan cat semprot acrylic/vernis yang menambah menyala warna alami pelepah batang pisang. Asesoris menggunakan bulir padi yang sudah menguning dan daun cemara jenis bintang pinus/norflok yang membuat kesan alami dan menambah keunikan karya siswa ini, sesuai dengan kearifan lokal disini karena merupakan salah satu daerah penghasil padi dan beras di Indonesia.







KOTAK TISU 2 

Berbahan dasar utama pelepah batang pisang yang telah dipersiapkan sedemikian rupa, dengan cara dikeringkan dijemur dan disetrika, kemudian finishing menggunakan cat semprot acrylic/vernis yang menambah menyala warna alami pelepah batang pisang. Asesoris menggunakan beras yang diwarnai, butir kedelai putih dan butiran jagung tua yang membuat kesan alami dan menambah keunikan karya siswa ini, sesuai dengan kearifan lokal disini karena merupakan salah satu daerah penghasil  beras, kedelai dan jagung di Indonesia.








 
Free counters!