Kamis, 02 Maret 2023

PAMERAN KONTEMPORER DI MUSEUM KAB. SUMBAWA

PAMERAN LUKISAN KONTEMPORER DI MUSEUM KABUPATEN SUMBAWA

DAN PAGELARAN HASIL P5 & PRAKARYA

27 Februari s.d 2 Maret 2023


Museum merupakan salah satu tempat yang sangat diperlukan oleh para siswa dalam menggali informasi masa lalu tentang berbagai informasi, baik sejarah maupun budaya suatu daerah. Museum kabupaten Sumbawa tahun ini mengadakan satu event yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya dan masyarakat Sumbawa pada umumnya, yaitu pameran lukisan dan pagelaran hasil karya para siswa. Pada pameran kontemporer ini dibuka secara simbolik oleh Wabup Sumbawa, Ibu Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd , dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Kab. Sumbawa, Bapak Dr.Drs. M. Ikhsan Safitri, M.Si , Kabid Dikdas Pembinaan SMP Dikbud Sumbawa, Bapak Drs. Abdul Aziz, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan S.Pd, M.Pd, dan para hadirin dan  tamu undangan. Bertindak sebagai Tour Guide, Wabup dan jajarannya adalah Ibu Sri Asmediati, S.Pd dari Spenlab.











    Dalam acara ini pula, dihari kedua sampai hari terakhir pameran, berkenan hadir, Kepala Rumah Bahasa Propinsi Nusa Tenggara Barat, Ibu DR. Puji Retno Hadiningtyas, M. Hum, kemudian berkenan hadir pula, Kepala Dinas Arpusda Kab. Sumbawa, Bapak H. Sahril, S. Pd. M. Pd., Kabid kebudayaan, Dikbud Sumbawa, Sutan Sahril, S. Sos. Tokoh Masyarakat yang berkenan hadir antara lain, Ketua MUI, Bapak Syukri Rahmat, S. Ag, dan Praktisi Budaya, H. Hasanuddin, beliau-beliau berkenan mengunjungi langsung Stand Pameran Spenlab.
 







Kegiatan tersebut merupakan suatu cara memperkenalkan hasil karya seni yang dimiliki oleh beberapa orang yang memiliki talenta yang luar biasa tentang seni dan keterampilan yang dimiliki oleh para siswa yang mereka tuangkan di atas kanvas maupun dalam bentuk suatu karya yang lain yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Kami merasa bangga, karena bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan stand pameran Spenlab mendapatkan apresiasi yang baik dari pengunjung yang berdatangan dari berbagai kalangan, baik masyarakat umum, kalangan pendidik dan siswa siswi sekolah menengah dan sekolah dasar dari berbagai pelosok sumbawa. Dalam kesempatan ini, SMP Negeri 1 Labuhan Badas dapat memamerkan beberapa lukisan hasil coretan para siswa, hasil P5 dan Prakarya,  serta menyajikan kreasi seni tari, sakeco, dan bagesa.












Selain dalam bentuk lukisan dan hasil karya, para siswa yang memiliki talenta di dunia seni tari, seni suara dapat mereka ekspresikan di atas panggung yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Pentas seni seperti ini dapat menjadi ajang penggalian bakat bagi para siswa yang selama ini sulit mereka ekspresikan, maka pihak museum kabupaten Sumbawa dapat menyalurkan bakat mereka. 





Mudah-mudahan kegiatan tahun ini merupakan awal yang baik bagi dunia pendidikan di tana Samawa yang dapat dikembangkan kedepannya agar acara seperti ini dapat berlangsung setiap tahun. 


VIDEO PAMERAN KONTEMPORER DAN HASIL P5 & PRAKARYA



 
Free counters!