Kamis, 19 April 2018

MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII SEM II DI SMPN 1 LABUHAN BADAS

KEGIATAN PRAKTEK MATA PELAJARAN PRAKARYA 
KELAS VII SEM II DI SMPN 1 LABUHAN BADAS




Prakarya merupakan mata pelajaran baru yang wajib diajarkan kepada siswa kelas VII atau di tingkat SMP, sesuai dengan Kurikulum 2013. Mata pelajaran Prakarya bertujuan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan nyang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.



Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu peserta didik diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar, sehingga hal ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya dan memunculkan keunggulan yang ada di daerah masing-masing. Demikian pula yang sudah di laksanakan di SMPN 1 Labuhan Badas Sumbawa Besar, mata pelajaran Prakarya juga sudah terlaksana dengan baik, dan sudah dimulai dari perencanaan dan pembuatan perangkat pembelajarannya oleh guru yang mengampu mata pelajaran prakarya ini. Dibawah ini adalah Perangkat Pembelajaran  Prakarya Kelas VII yang telah disiapkan oleh Bapak Noer IB, S.Pd untuk Pembelajaran di Kelas VII dan telah diberikan filenya  kepada Amin Web untuk disharingkan. Bagi Bapak Ibu Guru Pengajar Prakarya SMP Kelas VII, mungkin ada yang sampai sekarang belum memiliki Perangkat tersebut , silahkan  mendownloadnya dan mengadakan seperlunya perubahan disesuaikan dengan tempat anda mengajar. Demikian dari kami, semoga bermanfaat.



Rincian Minggu Efektif   : Unduh Disini

Promes Prakarya Kl 7     : Unduh Disini

SKL.KI,KD                       : Unduh Disini 

Silabus Kelas 7                 :  Unduh Disini

RPP Kelas 7                      :  Unduh Disini

Silabus Kelas 8                 :  Unduh Disini



Berikut dibawah ini adalah salah satu contoh kegiatan pembelajaran mata pelajaran Prakarya, yang berupa praktek di kelas dalam kegiatan membuat dan memodifikasi kotak kardus bekas yang tidak terpakai, menjadi kotak pensil ataupun bisa barang yang lain, serta dapat digunakan sebagai kotak tisu, dengan variasi melapisinya dengan penempelan, menggunakan bahan kulit batang pohon pisang/ pelepah pisang, ditambah asesoris lain sebagai hiasan misalnya dari manik-manik alami dengan menggunakan biji padi, beras, kacang hijau, jagung, kerikil atau kerang laut kecil-kecil dan sebagainya yang ada di alam, sehingga akhirnya dapat menghasilkan sebuah karya yang unik dan menarik. Sehingga dari kegiatan ini sudah melaksanakan Re-use dan Recycle, memanfaatkan bahan yang sudah tidak dipakai dan memanfaatkan bahan alami lainnya. Dibawah ini adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut.


VIDEO KEGIATAN PRAKTEK PRAKARYA





FOTO-FOTO KEGIATAN PRAKTEK PRAKARYA








 
Free counters!