Kamis, 23 Februari 2023

KEGIATAN LITERASI BUDAYA, KAMIS, 23-02-2023

KEGIATAN LITERASI BUDAYA
DI SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR
KAMIS, 23 FEBRUARI 2023


Kegiatan pembinaan karakter di SMPN 1 Labuhan Badas yang bertujuan membentuk Pelajar Pancasila, salah satunya adalah melaksanakan Kegiatan Literasi Budaya. Kegiatan ini adalah usaha untuk meningkatkan kreatifitas siswa-siswi dalam berkesenian dan berbudaya sehingga mengenal dan mengetahui budaya daerah Sumbawa sebagai salah satu Budaya Asli Indonesia. Pada kesempatan pagi ini, ditampilkan Tari Basiru Rame, Bakelung dan Fashion Show busana adat Samawa. Dalam acara ini, berkenan hadir langsung, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd, Bapak/Ibu Guru, Guru Pembina Kesenian, Pegawai TU dan seluruh siswa dan siswi.











Jenis kegiatan Literasi kali ini, Kamis 15 September 2022 ini  adalah kegiatan Literasi Budaya, yaitu Literasi Budaya daerah Sumbawa dengan tema membangkitkan tradisi adat tana samawa, (TUSAKOAT ADAT DUNUNG) yang menampilkan Tari tradisi paboat adat tau samawa yaitu: 1. Tari BASIRU RAME, 2. Penampilan BAKELUNG, 3. Fashion Show, peragaan kustum adat dadara samawa yang berkembang dalam masyarakat Sumbawa, tujuan menampilkan kegiatan ini adalah untuk mempertahankan kostum, baju adat tana samawa atau LAMUNG PENE TAU DUNUNG, yang dijahit sendiri oleh siswa dibimbing guru prakarya. Semoga adanya kegiatan seperti ini bisa mempertahankan tradisi, kesenian tana samawa sehingga dapat bertahan sampai generasi selanjutnya .










Dengan adanya kegiatan Literasi Budaya ini, kita berharap siswa dan siswi SMPN 1 Labuhan Badas semakin mencintai dan berbangga memiliki budaya tradisional Samawa yang harus dilestarikan, dijaga eksistensinya supaya tidak punah, karena budaya Tana Samawa merupakan salah satu kekayaan budaya Nusantara. Wassalam.














 
Free counters!