Selasa, 24 Januari 2023

PROJECT P5- KEWIRAUSAHAAN DI SPENLAB

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Kewirausahaan di SMPN 1 Labuhan Badas


SMPN  1 Labuhan Badas merupakan salah satu sekolah di kabupaten Sumbawa yang sudah menerapkan kurikulum merdeka  (kumer) tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan pelaksanaan kurikulum merdeka dilaksanakan pada kelas VII, sementara kelas VIII dan IX masih menggunakan K-13. Sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, SMPN 1 Labuhan Badas sudah masuk pada kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang ke – 2. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 minggu dari tanggal 10 – 29 Januari 2023. Adapun tema yang diusung pada proyek ke-2 ini adalah kewirausahaan dengan judul “Reseller Creatif”. Acara kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd, Owner Sasop Ate, Putri Munira dan Owner Rumah Kemasan, Laila Sutiyo, Bapak Ibu Guru dan siswa Spenlab.

Melalui proyek “Reseller Creatif”diharapkan peserta didik dapat memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam membuat berbagai jenis dan bentuk kemasan produk coklat karakter, menumbuhkan semangat gotong royong dan kerjasama dengan sesama anggota kelompok serta kreatifitas dan strategi pemasaran untuk menarik peminat konsumen dalam membeli produk. Proyek ini dimulai dengan memberikan pemahaman prosedur, tehnik berwirausaha serta strategi pemasaran kepada peserta didik dengan mendatangkan nara sumber pelaku UMKM yang cukup sukses di Sumbawa seperti RCK (Rumah Coklat Kita), Rumah Kemasan dan Produk Sasopo Ate. 







Selanjutnya peserta didik melakukan proses pengemasan coklat karakter sesuai dengan kreatifitas masing-masing kelompok (kelas) dengan bimbingan bapak/ibu guru sebagai pembimbing. Setelah itu peserta didik memasarkan hasil karyanya pada kegiatan Car Free Day (CFD) pada hari minggu tanggal 29 Januari 2023 di jalan Samota samping kanan SMPN 1 Labuhan Badas.










HASIL PRODUK KEGIATAN P5- KEWIRAUSAHAAN








Proyek ini berfokus pada aktivitas pembelajaran, pelatihan dan praktek langsung yang didalamnya terdapat penekanan pada Profil Pelajar Pancasila yang mampu merangsang jiwa-jiwa kewirausahaan bagi siswa, mampu mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha kedepannya serta berdaya saing sesuai dengan perkembangan zaman.


VIDEO KEGIATAN P5 KEWIRAUSAHAAN DI SPENLAB 2023


 
Free counters!