Rabu, 03 Oktober 2012

FINALIS LPIR TAHUN 2012 DI BANJARMASIN


FINALIS LPIR SISWA SMP TINGKAT NASIONAL TH. 2012




SISWA SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR
 FINALIS LPIR SMP TINGKAT NASIONAL TH. 2012
TANGGAL 24 s/d 29 SEPTEMBER 2012 DI BANJARMASIN KALSEL



Kembali kita warga SMPN 1 Labuhan Badas patut berbangga atas prestasi siswa-siswa SMPN 1 Labuhan Badas Sumbawa Besar, karena berhasil maju sebagai salahsatu wakil peserta dari Kabupaten Sumbawa dan Provinsi NTB pada LPIR Siswa SMP Tingkat Nasional Tahun 2012 di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Siswa-siswi tersebut atasnama Anniza Wiwied Rahayu Hadiyanto, Aswaliah dan Anisa Alwiyah dikategori Tema IPS dan kemanusiaan dengan mengangkat judul “Tradisi Nyorong dalam upaya membangun karakter bangsa di Tana Samawa” didampingi guru pembimbing Hastieny, S.Pd dan Aan Andayani, S.Pd ,dan akhirnya berhasil menduduki Peringkat 16 Nasional dari seratusan lebih peserta dari seluruh Indonesia, sehingga memperoleh Piagam Penghargaan dari Direktur pembinaan SMP  dan beasiswa sebesar @ Rp. 600.000 ((Via Rekening)


 
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja tahun 2012 ini diselenggarakan di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, dari tanggal 24 s/d 29 September 2012 bertempat di Hotel Aria Barito Jl. Haryono, MT, no 15 Banjarmasin, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Suyanto, Ph.D. 




Sebelumnya, pada acara pelepasan untuk mengikuti LPIR Tahun 2012 ini, siswa-siswi yang mewakili NTB ini didampingi oleh guru Pembimbing, sempat diterima dan dilepas oleh  Bupati Sumbawa, Bapak H. Jamaludin Malik dan Kepala Dinas Diknas Sumbawa, Bapak Drs. Hasan Basri beserta Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Sudirman Malik, S.Pd.

                                                                           
 


 


 Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan suatu ajang kompetisi karya ILmiah remaja tingkat SMP seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama memotivasi siswa, guru dan sekolah agar berperan mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

 


   

Peran serta siswa, guru dan sekolah secara signifikan cukup baik, terbukti dari jumlah naskah karya ilmiah yang diterima panitia dari seluruh Indonesia cukup banyak.Hal ini terlihat pada tahun 2006 sebanyak 754 naskah, pada tahun 2007 sebanyak 1.134 naskah, pada tahun 2008 sebanyak 1.051 naskah, pada tahun 2009 sebanyak 1.332 naskah, pada tahun 2010 sebanyak 1.105 naskah, pada tahun 2011 sebanyak 1.113 naskah dan pada tahun 2012 sebanyak 855 naskah. Tema lomba penelitian Ilmiah Remaja tahun 2012 adalah : “ Pemanfaatan Penelitian Ilmiah Remaja dalam membangun karakter siswa” Sub tema : “ Meneliti Sumber daya Alam dan Potensi Lingkungan sekitar guna menumbuhkembangkan sikap kreatif, Inovatif, Ulet, cermat, dan cinta tanah air”. Ruang Lingkup penelitian Ilmiah Remaja tahun 2012 mencakup tiga bidang , yaitu bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan kemanusiaan, bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. Dan Bidang Teknik dan rekayasa.
Berikut Dewan Juri LPIR Siswa SMP Tingkat Nasional 2012:
NO
NAMA
INSTANSI
JABATAN/BIDANG
1
Prof.DR.Ir Wahyuddin L
Kopertis Wil.III Jakarta
Ketua tim juri
Dan anggota Bidang Teknologi
2
Prof. DR.Ing.Fahmi Amhar
Bakosurtanal
Anggota Teknologi
3
Ir. Yuni Ikawati
KOMPAS
Anggota teknologi
4
Dr.Ir. Tirto Prakoso,M.eng
ITB- bandung
Anggota bidang I
5
Prof. DR. Ir. Baharuddin tappa APU
LIPI-Bogor
Anggota bidang IPA
6
Prof. DR. Hj. Hertin K. S.MSc.Es
UPI- Bandung
Anggota bidang IPA
7
Prof. DR.Angga dewi moesono, Psi
Kapuslit kemas dan budaya UI
Anggota bidang IPS
8
Dra. Iroh Siti Zahroh, M.Si
LPMP- Banten
Anggota bidang IPS
9
Ir. Mahruzal
Dirjen HAKI KEMENKUMHAM
Juri Paten
10
Prof.DR.Soegeng Santoso, M.Pd
UNJ
Anggota bidang IPS

 
Free counters!