Tuesday, 13 September 2022

SHOLAT DZUHUR BERJAMAAH

Pembentukan Karakter Religius
Dengan Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjamaah
Di SMPN 1 Labuhan Badas Sumbawa Besar
 


Sekolah adalah lembaga pendidikan yang bertanggung jawab mengembangkan dan membentuk karakter siswa. Salah satu nilai-nilai yang dikembangkan dalam pembentukan karakter tersebut adalah nilai-nilai religius.  Berbagai cara dan metode dapat ditempuh untuk membentuk karakter siswa, khususnya mengembangkan nilai-nilai religius dalam diri seorang siswa.  Kepala SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd  menyampaikan bahwa pembiasaan shalat dzuhur berjamah tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan nilai-nilai regilius dalam diri siswa. Disamping itu juga melatih siswa, agar mampu membagi waktu dengan baik karena shalat selalu dijadwalkan tepat waktu, sehingga siswa terbiasa membagi waktu mereka dengan baik.


“Kita sebagai pendidik bertanggung jawab dalam membentuk karakter siswa, salah satunya adalah membentuk dan mengembangkan nilai-nilai religius dalam diri mereka, karena pada dasarnya nilai religius tersebut merupakan salah satu dari 18 nilai dalam pendidikan karakter bangsa, sebagaimana yang telah dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, nilai religius tersebut bahkan menempati posisi pertama yang harus dikembangkan dalam karakter seorang siswa,” ucap beliau kepala Spenlab.




SMPN 1 Labuhan Badas, selaku lembaga pendidikan, bertugas dan bertanggung jawab dalam  membentuk karakter siswa tersebut. Salah satu cara dan metode yang dapat ditempuh adalah pembiasaan shalat dzuhur secara berjamaah. Pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah ini sudah merupakan rutinitas di sekolah kami, bahkan jam istirahat kedua yang bertepatan dengan waktu dzuhur dikhususkan untuk shalat berjamaah. Sholat Dzuhur berjamaah dilaksanakan di Mushola Baabul Jannah, SMPN 1 Labuhan Badas, secara bergiliran setiap siang yang mendapatkan jadwal sholat di mushola sebanyak 2 rombel, didampingi langsung oleh Pembina IMTAQ, Bapak Drs. Abdul Wahab, sedangkan rombel yang lain melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di kelas masing-masing, didampingi oleh guru yang mengajar sebelum waktu istirahat kedua, dan di pimpin oleh Imam kelas masing-masing yang telah dipilih disetiap kelas.





Seperti yang terpantau pada hari ini, Selasa (13/9), siswa tetap melaksanakan shalat dzuhur berjamaah pada waktu jam istirahat kedua, yang memang dikhususkan untuk hal tersebut. Sudah menjadi kebiasaan siswa SMPN 1 Labuhan Badas melaksanakan itu, tanpa menunggu perintah dari guru mereka. Biasanya shalat berjamaah dilaksanakan pada pukul 12.25 WITA dan berakhir pada pukul 13.25 WITA, setelah itu siswa kembali melanjutkan pelajaran mereka sampai waktu jam pelajaran usai. Menerapkan sikap disiplin pada siswa tidaklah mudah, terkadang diperlukan sikap yang tegas. Namun, seiring berjalannya waktu, kesadaran siswa terhadap pentingnya melaksanakan salat zuhur berjamaah mulai tumbuh. Dari sinilah sikap kedisiplin siswa terbentuk. Dampaknya, siswa tidak hanya disiplin dalam salat berjamaah, tetapi juga atas hal lain. Dengan seringnya bertemu saat salat berjamaah, tumbuh sikap saling menyayangi pada diri siswa. Berjabat tangan dapat mempersatukan hubungan silaturahmi, mengenal teman yang selama ini belum dikenal, menunjukkan bahwa Islam mengajarkan untuk bersikap ramah terhadap orang lain. Dengan salat berjamaah, siswa akan terhindar dari perilaku tidak terpuji karena tahu Allah selalu mengawasi apa yang dilakukan manusia. Wassalam.


 
Free counters!