Kamis, 15 September 2022

Kegiatan Literasi Budaya, 15 September 2022

KEGIATAN LITERASI BUDAYA
DI SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR
KAMIS, 15 SEPTEMBER 2022


Kegiatan pembinaan karakter di SMPN 1 Labuhan Badas yang bertujuan membentuk Pelajar Pancasila, salah satunya adalah melaksanakan Kegiatan Literasi Budaya. Kegiatan ini adalah usaha untuk meningkatkan kreatifitas siswa-siswi dalam berkesenian dan berbudaya sehingga mengenal dan mengetahui budaya daerah Sumbawa sebagai salah satu Budaya Asli Indonesia. Pada kesempatan pagi ini, ditampilkan Cerita Berbahasa Samawa dan Ngumang oleh kelas 8E. Dalam acara ini, berkenan hadir langsung, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd, Bapak/Ibu Guru, Guru Pembina Kesenian, Pegawai TU dan seluruh siswa dan siswi.


Jenis kegiatan dalam Literasi Budaya kali ini, Kamis 15 September 2022 ini  adalah menampilkan kreatifitas Bercerita Dengan Bahasa Samawa, dan Ngumang oleh siswa kelas 8E, yang didampingi  Wali Kelas sekaligus Pembina Kesenian, Bapak Syamsuddin, S.Sn. Ngumang merupakan kesenian tradisional Sumbawa yang banya digemari oleh kalangan masyarakat tana samawa pada zaman dulu hingga sekarang, kesenian ngumang biasanya dilakukan oleh masyarakat tana samawa yang menggemari permainan adat samawa yaitu kerapan kerbau. Seorang joki saat kerbau menepati saka atau pancang (saka) di saat itulah joki Lansung ngumang atas ke gembiraan mendapati juara kerbaunya, dan di khias dengan bahasa daerah samawa atau bahasa lawas, hingga sampai saat ini masih di gemari oleh masyarakat daerah tana samawa, yang di pentaskan di atas panggung terbuka sebagai bukti untuk mengingatkan kembali teradisi adat istiadat tana samawa. 


Dengan adanya kegiatan Literasi Budaya ini, kita berharap siswa dan siswi SMPN 1 Labuhan Badas semakin mencintai dan berbangga memiliki budaya tradisional Samawa yang harus dilestarikan, dijaga eksistensinya supaya tidak punah, karena budaya Tana Samawa merupakan salah satu kekayaan budaya Nusantara. Wassalam.














 
Free counters!