Senin, 25 November 2013

PELAKSANAAN MGMP GUGUS II SMP KAB. SUMBAWA


PELAKSANAAN MGMP GUGUS II SMP KAB. SUMBAWA






PELAKSANAAN WORKSHOP

PENINGKATAN KARIR PTK PENDIDIKAN DASAR

MGMP SMP GUGUS II KAB. SUMBAWA, 
IPA DAN BAHASA INDONESIA

DI SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA TAHUN 2013










          Pelaksanaan MGMP Gugus II SMP Kabupaten Sumbawa, IPA dan Bahasa Indonesia di laksanakan tanggal 21 November 2013, bertempat di SMPN 1 Labuhan Badas, yang antara lain diikuti oleh peserta – peserta, yang berasal dari sekolah:  
                 
1. SMPN 1 LABUHAN BADAS

2. SMPN 2 LABUHAN BADAS

3. SMPN 3 LABUHAN BADAS

4. SMPN 4 LABUHAN BADAS

5. SMPN 5 LABUHAN BADAS

6. SMPN 6 SATAP LABUHAN BADAS

7. SMPN 7 SATAP LABUHAN BADAS
8.   MTS NW SUMBAWA

9.   SMPN 1 MOYO HILIR

10. SMPN 2 MOYO HILIR 

11. SMPN 3 MOYO HILIR 

12. SMPN 1 MOYO UTARA

13. SMPN 1 BATU LANTEH  


 


 



Adapun materi dalam kegiatan  MGMP ini yaitu, Kurikulum 2013 dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) Guru.

            Produk yang dihasilkan antara lain; RPP Kurikulum 2013, Artikel dan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

            Nara sumber : Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kabid PMPTK dan  Pengawas Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa.
  
 FOTO-FOTO DOKUMENTASI PELAKSANAAN MGMP:

                           
                           





















TIPS REVIEW LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS





TIPS REVIEW 
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS




OLEH:

AAN ANDAYANI,S.Pd

(KETUA MGMP IPA GUGUS II SMP KAB. SUMBAWA)

DISAJIKAN DALAM PENINGKATAN KARIR PTK DIKDAS MELALUI MGMP IPA DAN BAHASA INDONESIA GUGUS II SMP KABUPATEN SUMBAWA



SMP NEGERI 1 LABUHAN BADAS

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

KABUPATEN SUMBAWA

TAHUN 2013





TIPS REVIEW LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Tengok sendiri laporan
2. Apa kekurangan penelitian saya?
3. Apa yang disampaikan?
A.JUDUL
Untuk menentukan judul minimal ada 2 kriteria yang harus dimiliki yaitu:
1. Menarik ; menggoda pembaca untuk membaca laporan penelitian
2. Singkat  ; terdiri dari 3 (tiga) kalimatyang terdiri dari variable tindakan, variable harapan ,
obyek  dan tempat dilakukan penelitian.
Contoh : Penerapan model X pada materi IPA untuk meningkatkan Y pada siswa kelas VII-C SMPN…..
B.ABSTRAK
Abstrak terdiri dari :
1. Tujuan Penelitian
2. Metode Penelitian
3. Hasil penelitian
C. KERANGKA LAPORAN
1. Kata pengantar
2. Abstrak                    
3. Daftar isi
Bab.I. Pendahuluan
Bab.II. Kajian Teori
Bab.III. Metodologi Penelitian
Bab,IV. Laporan Hasil Penelitian
Bab.V. Simpulan dan Saran
Daftar pustaka
Lampiran

BAB.I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sesuai dengan namanya Latar, Belakang dan Masalah, oleh karena itu perlu dilakukan langkah-
langkah sebagai berikut
1. Deskripsikan kondisi ideal secara jelas
2. Deskripsikan masalah secara jelas atau kenyataan yang terjadi
3. Ungkapkan “gap” atau kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi riil
4, Angankan kemungkinan pemecahannya.
Contoh: Siswa di kelas VII-C SMPN I labuhan Badas,  kurang aktif sedangkan  harapan peneliti adalah siswa aktif.
Maka kesenjangan antara harapan dan kenyataan tersebut, peneliti berupaya menggunakan model pemelajaran yang dapat diterapkan adalah Cooperatif learning yaitu pembelajaran yang kekuatannya pada kelompok, antara lain NHT, Jigg zaw, dan  TPS( pilih yang menentukan adalah Sumber daya manusianya, bukan keterbatasan financial atau sarana)
 sumber: DR. Bachtiar S. bachi,2013 ( Guru besar Universitas Negeri Surabaya ) dalam Forum Ilmiah Guru Tingkat Nasional di Jakarta; 10-13 November 2013.
B. Rumusan masalah
Dalam menentukan rumusan masalah perlu beberapa langkah sebagai berikut:
a. Formulasikan dalam kalimat yang jelas dan operasional antara lain;
1. Bagaimanakah?
(Jawabannya adalah Deskripsikan)
2. Apakah?
( Jawabannya Ya atau Tidak)
3. Mengapa?
(Jawabannya karena….)
b. Menggambarkan langkah-langkah pemecahan (tidak menjelaskan)
c. Instrumen pengambilan data
d. Menggambarkan alat ukur pembuktiannya.
Contoh :
1. Apakah penerapan model X dapat meningkatkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII-C?
2.Apakah Penerapan model X dapat meningkatkan hasil belajar Afektif siswa kelas VII-C?
( sudah tergambar alat ukur berupa rubrik skala afektif (sikap) dan Rubrik penilaian Kognitif siswa)
C. Tujuan
Tujuan sesuai dengan rumusan masalah jika ada 2 rumusan masalahnya maka tujuan juga ada 2.
Contoh :
 1. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VII-C melalui penerapan model X
 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar afektif siswa kelas VII-C melalui penerapan    model X
D. Manfaat
1. Bagi siswa
2.Bagi guru
3. Bagi sekolah
E. Definisi Operasional
Yaitu terdiri batasan masalah, domain/wilayah main agar peneliti tidak terseret

F. Indikator kinerja/ keberhasilan
Berisi target peneliti dalam penelitiannya
 Contoh:
Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika:
1. Hasil belajar Kognitif siswa sudah mencapai KKM( Kriteria Ketercapaian Minimal) = 75
2. Hasil Belajar Afektif siswa sudah mencapai Baik ( skala 70-80)
Sumber: DR. Bachtiar.S.Bachi,2013
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
 Teori yang dikaji perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :
a. Sejumlah variable pada judul penelitian
b. Teori untuk memecahkan masalah
c. setiap variable perlu lebih dari 1 kajian ( minimal 3 untuk menghindari kekeringan/tandus)
d. Hindari borax/silicon ( mubazir teori yang tidak perlu)
e. Perlu rumusan dari tiap kajian teori dan simpulan dari yang digunakan oleh peneliti sendiri
Contoh:
1. Kajian tentang hakikat Belajar
2. Model-Model pembelajaran
3. Hasil belajar
4. Hubungan antara motivasi dan hasil belajar
Contoh:
Menurut Ahli A, Proses pembelajaran adalah interaksi antara siswa dan guru ( dulu dan sudah gugur, tidak mutahir lagi)
Sedangkan menurut penelitian terbaru Proses pembelajaran adalah Interaksi antara siswa dengan sumber belajar ( Karwo, 2013 disampaikan dalam MGMP IPA gugus II SMP kab. Sumawa, 20-11-2013)
Lebih jauh lagi dikatakan sumber belajar adalah bukan guru, bukan sekolah tetapi; Alam, perilaku pengalaman orang, Google, WEB, internet dan realita ( Wisnu, 2013, disampaikan dalam MGMP IPA gugus II SMP Kab. Sumbawa). Jadi peneliti menyimpulkan bahwa Pembelajaran itu interaksi antara siswa dengan lingkungan belajarnya.
Merumuskan hipotesis tindakan jika perlu.
BAB.III. METODOLOGI PENELITIAN
Yaitu muncul sebagai cara yang paling tepat untuk memecahkan masalah dan Sesuai dengan tujuan penelitian.
Adapun paradigm penelitian memunculkan ragam penelitian antara lain:
a. Kuantitatif
b. kualitatif
c. pengembangan
d. penelitian tindakan
e. survey
f. kajian pustaka
g. Fenomenologi
Sumber: DR. Bachtiar.S.bachi,2013,disampaikan dalam Forum Ilmiah Guru Nasional
Adapun kelengkapan pada bab.III adalah:
a. Desain/model penelitian/karakter
b. Instrumen penelitian( kisi-kisi dari kajian pustaka)
c. Analisis data( metode pecahkan masalah)
BAB.IV. HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN
A. Hasil penelitian terdiri dari ;
1. Proses penelitian, kesesuaian model penelitian dengan mekanisme dan rancangan, BUKAN kronologi kejadian penelitian
2. Hasil Olahan Data( Pengukuran dan pengujian)
3. Hasil analisis data, jika mengalami peningkatan , tunjukkan dengan;
a. Tabel
b. Diagram
c. Gambar
d. Charta
B. Pembahasan terdiri dari keterbacaan hasil dalam table dan instrument kemudian dideskripsikan.

BAB.V. SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan,
Adapun simpulan, menjawab permasalahan pada rumusan masalah dan sejumlah permasalaha, jika ada 2 rumusan masalahnya maka 2 juga simpulannya
Contoh:
1. Penerapan Model X dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII-C SMPN 1 Labuhan Badas
2. PenerapanModel X dapat meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas VII-C SMPN 1 Labuhan Badas
B. Saran
Saran cukup di tujukan untuk guru yang lain,untuk merujuk pada kejadian di dalam penelitian.

Langkah penutup:
cek LINIERITAS Laporan PTK dengan cara melihat Kesesuaian antara MASALAH, METODE dan SIMPULAN.
DAFTAR PUSTAKA
Semua yang di petik pada kajian pustaka harus ada tercantum di dalam daftar pustaka
Adapun ketentuan sebagai berikut:
1. semua pustaka ( cetak, internet, jurnal)
2. Pustaka mutahir ( masih di gunakan, belum ada yang menjatuhkan)
3. Alphabetical order( urutan alphabet)
4. Sesuai kaidah , aturan penulisan.
LAMPIRAN
1. Administrasi penelitian/ ijin penelitian
2. Pengolahan data
3. Hasil uji instrument
4. Identitas peneliti
5. Bukti fisik hasil penelitian
6. Foto kegiatan/dokumen
 ( Penulis adalah Finalis Forum Ilmiah Guru Tingkat Nasional Tahun 2013)
@TULISLAH APA YANG ANDA LAKUKAN DAN LAKUKAN APA YANG ANDA TULIS!      




 
Free counters!