• TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  •  TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  • FINALIS OPSI 2019
  •  TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  • JAKARTA 2019


HEADLINE NEWS: TIM KIR SMPN 1 LABUHAN BADAS LOLOS SEBAGAI FINALIS OPSI 2019 BIDANG ILMU PENGETAHUAN TEKNIK DAN REKAYASA, ATAS NAMA SISWI/SISWA NAILLA AMALIA ASHIFA DAN RIFQI ARISWAN AGASI, GURU PEMBIMBING NUR IB.,S.Pd. DENGAN JUDUL PENELITIAN "Tempat Sampah Portable Reuse Sampah Elektronik Casing TV Bekas Yang Ramah Lingkungan Di SMP Negeri 1 Labuhan Badas". LOMBA AKAN BERLANGSUNG TANGGAL 26 s.d 30 NOVEMBER 2019, DI HOTEL EL ROYALE, KELAPA GADING, JAKARTA UTARA.

Sunday, 1 December 2019

LIPUTAN FINAL OPSI SMP TAHUN 2019, JAKARTA 26 - 30 NOVEMBER

LIPUTAN FINAL OPSI SMP TAHUN 2019



Alhamdulilah terucap kembali dari segenap warga SMPN 1 Labuhan Badas Sumbawa Besar NTB, karena ditahun 2019 ini, kembali terpanggil dan lolos OPSI SMP Tingkat Nasional di Jakarta, sebab sempat mengalami vakum ditahun 2018 tidak terpanggil sebagai Finalis. Setelah Tim OPSI SPENLAB sampai di Jakarta, tepatnya di Hotel El Royale Kelapa gading, maka dimulailah berbagi kegiatan yang dilaksanakan dalam FINAL OPSI SMP Tahun 2019 ini, yang secara garis besarnya dapat kami deskripsikan berikut ini.


ACARA PEMBUKAAN
Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 26 November pukul 19.00 WIB bertempat di Ball Room Hotel El Royale, yang dibuka secara lansung oleh  Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemdikbud, Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA. Pada acara pembukaan ini, juga diperkenalkan Anggota Dewan Juri pada tiga kategori, serta penjelasan teknikal pelaksanaan lomba. 







Setelah itu secara simbolis acara ini dibuka dengan pengguntingan pita menuju Stand Pameran, serta dimulailah kunjungan oleh Dewan Juri ke Stand Pameran masing-masing peserta,termasuk Stand Pameran Tim OPSI SMPN 1 Labuhan Badas. Alhamdulillah Stand Pameran SPENLAB dikunjungi langsung Ibu Dr.Poppy dan beliau berkenan mengisi buku tamu. Dalam kesempatan ini pula, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas Sumbawa Besar, Ibu Sri Irianti,S.Pd, M.Pd memberikan cinderamata kepada Ibu Dr. Poppy, yaitu minyak Sumbawa.









KUNJUNGAN JURI DAN MASYARAKAT UMUM KE STAND PAMERAN
Setelah Stand Pameran secara resmi dibuka,maka dimulailah kunjungan Dewan Juri ke Stand Pameran Peserta, untuk melakukan penilaian langsung dengan melakukan wawancara ke peserta, menilai performance stand pamer, menilai teknis alat dan lain sebagainya. Selain itu pengunjung umum juga banyak berdatangan dan antusias mengunjungi stand pamer SPENLAB, ditandai dengan penuhnya daftar pengunjung di buku tamu dan habisnya cendera mata yang kami persiapkan, antara lain Pin Tim OPSI SPENLAB, Brosur, makanan Manjareal, Kopi Luwak Sumbawa dan Minyak Khas Sumbawa, sehingga dalam Final ini, misi kami memperkenalkan ke khasan Sumbawa cukup berhasil.









PRESENTASI TIM OPSI
Pada hari kedua pelaksanaan Final OPSI 2019,dimulailah peserta mendapatkan giliran melakukan presentasi tentang penelitiannya. Tim OPSI SPENLAB mendapatkan nomor urut 32, dan melaksanakan presentasi di hari ketiga yaitu tanggal 28 November 2019. Format presentasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun lalu presentasi dilakukan secara tertutup dalam ruang dan hanya dewan juri yang ada disitu, sementara dalam Final OPSI 2019 ini, dilaksanakan secara terbuka, sehingga dapat ditonton langsung oleh peserta lain dan masyarakat umum. Kita bisa melihat, sungguh membanggakan presentasi Shiffa dan Rizki, sudah mantap dan jelas penjelasan mereka, dan tidak nervous lagi.









VIDEO PRESENTASI FINALOPSI 2019




REKREASI KE DUFAN
Setelah para peserta dan pembimbing OPSI menjalani pelaksanaan Lomba yang serius dan mendebarkan, maka Panitia OPSI memberikan hiburan kepada peserta dengan melakukan kegiatan wisata ke Dufan di daerah Ancol Jakarta Utara, pada tanggal 29 November 2019 dari pagi hari sampai dengan sore sekitar jam 15.00 WIB, kemudian kembali ke Hotel El Royale Kelapa Gading. Wisata ini diharapkan dapat menghilangkan kepenatan dan refreshing karena tiga hari penuh dengan kegiatan dan lomba yang menguras tenaga dan pikiran peserta OPSI dan guru pendampingnya. Berbagai wahana permainan dapat dinikmati peserta yang berasal dari 34 propinsi di Indonesia,tentunya ini adalah kesempatan yang jarang dan langka, yang akhirnya bisa dinikmati oleh peserta dari luar Jakarta.









PENGUMUMAN PEMENANG DAN PENUTUP
Pelaksanaan OPSI SMP 2019 telah sampai pada penghujung acara, setelah pagi sampai sore sebelum petang peserta telah refreshing ke Dufan, maka pada malam harinya jam 19.00 WIB memasuki acara Pengumuman Pemenang dan Penutup. Pada Acara ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Pembinaan SMP Dirjen Dikdasmen Kemdikbud, Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA. , seluruh Dewan Juri, Panitia OPSI, Peserta dan Pembimbing. Meskipun Tim OPSI SPENLAB belum bisa mendapatkan medali, tetapi kami mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan banya dalam perhelatan OPSI ini. Kami bisa berbagi pengalaman dengan tim peserta lain yang berasal dari 34 Propinsi di Indonesia, menambah persahabatan dan memberikan ruang diskusi yang sangat berharga bagi kemajuan tim OPSI kami dikemudian hari. 







Kami mendapatkan informasi yang sangat menambah wawasan kami, bahwa di daerah lain, pembinaan OPSI sudah sangat maju dan terorganisir dengan baik. Di Provinsi lain, ketika sudah diumumkan peserta yang lolos OPSI Nasional, maka peserta dari kabupaten dan kota, di kumpulkan di Provinsi untuk melakukan Pemusatan Latihan (Training Center), yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, dipusatkan disuatu tempat dan dihadirkan Dosen-Dosen yang kompeten dari Universitas-Universitas ternama dan kredibel, sehingga calon peserta OPSI ketika mamasuki Final di Jakarta, sudah sangat siap secara penguasaan materi, moril dan mentalitasnya, wajar saja mereka akhirnya jadi Juara. Kedepan kita berharap Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat juga akan memfasilitasi seperti hal tersebut demi kemajuan dunia penelitian dan intelektualitas siswa-siwsi SMP di Nusa Tenggara Barat secara umumnya dan di Kabupaten Sumbawa secara khususnya. Tetap semangat untuk meneliti dan berkarya, semoga tahun depan kita bisa berjumpa kembali dengan peserta dari 34 Provinsi di event OPSI SMP tahun 2020 yang akan datang. Wassalam.


VIDEO OPSI 2019












 
Free counters!