• TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  •  TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  • FINALIS OPSI 2019
  •  TAMPAK DEPAN TERBARU 2021
  • JAKARTA 2019


HEADLINE NEWS: TIM KIR SMPN 1 LABUHAN BADAS LOLOS SEBAGAI FINALIS OPSI 2019 BIDANG ILMU PENGETAHUAN TEKNIK DAN REKAYASA, ATAS NAMA SISWI/SISWA NAILLA AMALIA ASHIFA DAN RIFQI ARISWAN AGASI, GURU PEMBIMBING NUR IB.,S.Pd. DENGAN JUDUL PENELITIAN "Tempat Sampah Portable Reuse Sampah Elektronik Casing TV Bekas Yang Ramah Lingkungan Di SMP Negeri 1 Labuhan Badas". LOMBA AKAN BERLANGSUNG TANGGAL 26 s.d 30 NOVEMBER 2019, DI HOTEL EL ROYALE, KELAPA GADING, JAKARTA UTARA.

Friday, 5 December 2014

KONTES LITERASI MATEMATIKA SMP TINGKAT NASIONAL


KONTES LITERASI MATEMATIKA SMP TINGKAT NASIONAL 2014



SISWA SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR

a/n ADITYA PRATAMA, 
MEWAKILI NUSA TENGGARA BARAT

DI AJANG KONTES LITERASI MATEMATIKA SMP TINGKAT NASIONAL

TGL 1 s/d 3 DESEMBER 2014 DI YOGYAKARTA



 

Didampingi dengan guru Pembimbing Matematika SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Abdul Hasyim S.Pd , Aditya Pratama siswa kelas IX E melangkah mewakili NTB pada lomba Kontes  Literasi Matematika SMP tingkat Nasional, yang siselenggarakan di PPPPTK Matematika, Jalan Kaliurang Yogyakarta.
            






           
Kendatipun akhirnya belum bisa meraih predikat juara, tapi patut kita apresiasi perjuangan Aditya Pratama dalam kompetisi yang diikuti oleh siswa-siswa terbaik di bidang matematika dari wakil-wakil propinsi di Indonesia, paling tidak sudah mendapatkan pengalaman, untuk mengevaluasi kekurangan, sehingga lebih siap di Kontes literasi Matematika dimasa yang akan datang.







Workshop PMRI dan Kontes Literasi Matematika (KLM)

untuk SMP/MTs Tingkat Nasional

Tanggal 1 s.d 3 Desember 2014 di PPPPTK Matematika, Yogyakarta





A.    Pendahuluan

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting terhadap kemajuan suatu bangsa. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kemajuan suatu Negara dapat dilihat dari kemajuan pendidikannya. Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.

            Dewasa ini yang masih menjadi pembicaraan hangat dalam masalah mutu pendidikan adalah prestasi belajar siswa dalam suatu bidang ilmu tertentu. Menyadari hal tersebut, maka pemerintah bersama para ahli berusaha untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan.Upaya pembaruan pendidikan dalam hal pemantapan materi pelajaran serta pendekatan pembelajaran untuk bidang studi tertentu, misalnya matematika, telah banyak dilakukan pemerintah, diantaranya melalui seminar, lokakarya dan pelatihan-pelatihan.

            Upaya peningkatan mutu pendidikan juga ditentukan oleh perguruan tinggi yang diharapkan mampu melahirkan peserta didik yang berorientasi pada ilmu penggetahuan dan tekhnologi (IPTEK) serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Perguruan tinggi diharapkan memiliki kemampuan dalam berbagai aspek, diantaranya adalah dengan melakukan inovasi-inovasi dibidang pendidikan agar mampu meberi inspirasi pada peserta didik untuk berfikir maju dan memiliki jiwa kompetitif dalam berbagai sendi kehidupan.

            Sehubungan dengan peran penting perguruan tinggi ini, PPPPTK Matematika berupaya membangun sinergi dengan perguruan tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga program yang dilaksanakan dapat memberikan hasil optimal. Salah satu wujud kerja sama tersebut saat ini PPPPTK Matematika dan IP PMRI mengadakan kegiatan Workshop PMRI dan Kontes Literasi Matematika untuk SMP/MTs tingkat nasional. Kegiatan ini akan untuk memperkenalkan dan atau memahami literasi matematika yang digunakan dalam PISA (Programme for International Student Assessment).



B.     Tujuan dan Sasaran

1.      Tujuan

a.       Meningkatkan prestasi siswa SMP/MTs pada pelajaran matematika

b.      Menumbuhkan jiwa kompetitif para siswa dalam mata pelajaran matematika

c.       Memperkenalkan system pembelajaran matematika setingkat PISA kepada para siswa dan guru Matematika SMP/MTs.

2.      Sasaran

a.       Siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) yang menjadi juara I kontes literasi matematika dari 15 region, meliputi provinsi Banda Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Maluku yang telah melalui kontes di daerah masing-masing.

b.      Guru pendamping peserta kontes literasi matematika.







C.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

1.      Waktu

Workshop PMRI dan Kontes Literasi Matematika untuk SMP/MTs Tingkat Nasional dilaksanakan mulai tanggal 1 s.d. 3 Desember 2014

2.      Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Workshop PMRI dan Kontes Literasi Matematika untuk SMP/MTs Tingkat Nasional dilaksanakan di PPPPTK Matematika, Yogyakarta.









 
Free counters!