Kamis, 11 Agustus 2022

KEGIATAN LITERASI BUDAYA

KEGIATAN LITERASI BUDAYA
DI SMPN 1 LABUHAN BADAS SUMBAWA BESAR
TANGGAL 11 AGUSTUS 2022


Salah satu kegiatan pembinaan karakter di SMPN 1 Labuhan Badas yang bertujuan membentuk Pelajar Pancasila adalah melaksanakan Kegiatan Literasi Budaya. Kegiatan ini adalah usaha untuk meningkatkan kreatifitas siswa-siswi dalam berkesenian dan berbudaya sehingga mengenal dan mengetahui budaya daerah Sumbawa sebagai salah satu Budaya Asli Indonesia. Pada kesempatan pagi ini, berkenan hadir langsung, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas, Bapak Punijan, S.Pd, M.Pd, Bapak/Ibu Guru, Guru Pembina Kesenian, Pegawai TU dan seluruh siswa dan siswi.



Jenis kegiatan dalam Literasi Budaya kali ini, kamis 11 Agustus 2022 adalah menampilkan kreatifitas kesenian Tradisional Sumbawa, yaitu Rabalas Lawas, Beserunai dan Bakelung. Rabalas Lawas merupakan Rabalas lawas merupakan kesenian daerah Sumbawa yang dikembangkan dengan lawas bahasa daerah Sumbawa  atau Suku samawa, dan di kemas dengan dialog sambil mengeluarkan ejekan membuat homor sehingga bisa membuat daya tarik tersendiri. 



Beserunai merupakan permainan alat musik tradisional Sumbawa yang hanya bisa dimainkan oleh orang dengan keahlian khusus terutama dalam mengatur pernafasan dalam membunyikan alat alat musik Serunai. Bakelung, adalah kesenian daerah Sumbawa, dengan tembang lawas samawa, dinyanyikan oleh satu orang laki-laki dan satu orang perempuan, dengan saling olok melalui syair lagu bakelung, dan di iringi dengan alat musik gitar dan alat musik lainnya, bakelung pada zaman dulu biasanya dinyanyikan oleh masyarakat petani saat waktu datangnya musim panen padi di ladang.

Dengan adanya kegiatan Literasi Budaya ini, kita berharap siswa dan siswi SMPN 1 Labuhan Badas semakin mencintai dan berbangga memiliki budaya tradisional yang harus dilestarikan, sebagai salah satu kekayaan budaya Nusantara.














 
Free counters!